Sunday, September 22, 2013

Perkembangan Teknologi Komunikasi


Media cetak
Tergolong media massa yang paling populer. Media cetak merupakan media komunikasi yang bersifat tertulis. Media cetak dapat diklasikasikan sebagai berikut :
  • Surat kabar, Kelebihan surat kabar  menyajikan berita secara komfrehensif, bisa dibawa kemana-mana, bisa di dokumentasikan, dari segi terbitannya ada yang harian dan mingguan
  • Tabloid adalah media komunikasi yang berisikan informasi aktual yang disajikan secara lebih mendalam dan dilengkapi ketajaman analisis, umumnya tabloid terbit mingguan
  • Majalah Menyajikan informasi secara mendalam, tajam, dan memiliki nilai aktualitas yang lebih lama, dilengkapi dengan banyak gambar. Diterbitkan secara mingguan, dwimingguan dan bulanan
Media elektronik 
Salah satu jenis media massa yang memiliki kekhususan, yaitu didukung oleh elek tronik, bersifat real time. Ada 2 jenis media elektronik :
  • Radio
  • Televisi
Media internet 
Merupakan media komunikasi yang pemanfaatannya menggunakan internet Pada tahun 1896, Gueglielmo Marconi berhasil mendapatkan hak paten atas telegraf nirkabel yang dikembangkannya menjadi radio dan Perkembangan televisi dimulai pada tahun 1883-1884 dengan berhasil dikirimkannya sinyal gambar tanpa suara oleh Paul Nikov. Televisi mulai dapat dinikmati oleh publik Amerika Serikat (AS) pada tahun 1939, yaitu ketika berlangsungnya “World’s Fair” di New York. Siaran langsung pertama dari televisi terjadi pada tahun 1938 saat olimpiade berlin berlangsung dan berkembang pula di indonesia. Tahun 1942, ditemukan komputer mainframe pertama di Philadelphia, Amerika Serikat yang disebut sebagai ENIAC ( electronic numerical integrator and calculator )

Sejarah teknologi komunikasi Indonesia
Berdasarkan prasasti dan dokumen yang ditemukan, surat-menyurat di Indonesia sudah ada sejak zaman Kerajaan Mulawarman, Sriwijaya, Tarumanegara, Mataram Kuno, Purnawarman, dan Majapahit. Saat penjajahan belanda, jasa pengiriman pos pun muncul melalui kantor pos. Pengiriman surat pun semakin lancar saat Jalan Raya Pos (de Grote Posweg) dari Anyer ke Panarukan (1.000 km) mulai dibangun. Pemanfaatan telegraf dimulai sejak saluran telegraf pertama dibuka 23 Oktober 1855, oleh Pemerintah Hindia Belanda. Tidak hanya menghubungkan Batavia (Jakarta) dan Buitenzorg (Bogor), telegraf pun bisa menghubungkan Jakarta dan Singapura, Jawa dan Australia. Di Indonesia telefon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telefon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia).  Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai membangun jaringan telefon gelombang mikro. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga memungkinkan jaringan telefon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara.

Sumber jawaban :
Suryawati, Indah, Jurnalistik suatu pengantar,Bogor: Ghahlia Indonesia,2012.
Beserta sumber lainnya 

Revolusi Komunikasi muncul karena adanya akselerasi eksponensial (begitu cepatnya hingga belum diketahui kapan akan mereda) dari perkembangan teknologi komunikasi dan penemuan media komunikasi yang luar biasa dibandingkan dengan perkembangan komunikasi yang beringsut lambat di awal peradaban manusia jutaan atau ribuan tahun yang lalu. Efek revolusi komunikasi bagi pelaku komunikasi :
  • Efek merupakan perubahan perilaku manusia setelah diterpa oleh pesan ( Donald K. Robert)
  • Efek komunikasi massa terdiri dari dua bentuk:
 Primary efek
 Secondary efek

Efek kehadiran media massa ( Mc Luhan)
  • Efek ekonomi :  Menumbuhkan berbagai usaha
  • Efek social: Perubahan pada struktur dan interaksi sosial
  • Penjadwalan kegiatan sehari – hari : Perubahan rutinitas akibat perkembangan teknologi
  • Efek hilangnya perasaan tidak nyaman
  • Efek menumbuhkan perasaan tertentu


Efek kognitif  dari media massa

Memperoleh informasi tentang benda, orang atau tempat yang kita tidak ketahui.
Dapat menonjolkan situasi atau orang tertentu di atas situasi atau orang lain.
Memunculkan stereotip ( gambaran umum tentang individu, kelompok atau masyarakat yang tidak berubah dan seringkali timpang).

Efek afektif  dari media massa

  • Menimbulkan suasana emosional
  • Skema kognitif ( alur peristiwa )
  • Suasana terpaan dari media massa
  • Predisposisi individual ( karakteristik khas individual )
  • Faktor identifikasi ( sejauh mana orang terlibat dengan tokoh media massa)


Efek behavioural
  • Meniru perilaku yang sering di lihat.
  • Mengikuti anjuran tokoh yang di senanginya.
  • Menimbulkan perilaku agresif
Definisi konvergensi media
Menurut Henry Jenkins konvergensi media adalah aliran konten dalam platform beberapa media, kerjasama antara industry beberapa media dan perubahan perilaku (perilaku migrasi) khalayak media
Menurut komisi Penyiaran Indonesia konvergensi media berarti berbaur atau bergabungnya sejumlah media atau teknologi yang berbeda seperti misalnya komputer, televisi, radio, telepon, satelit, kabel, mesin fax, internet, dan bahkan mesin fotokopi.

Dampak positif media konvergensi

  • Konvergensi media memperkaya informasi secara meluas tentang seluruh dunia karena ada akses internet.
  • Memberikan banyak pilihan kepada masyarakat pengguna untuk dapat memilih informasi yang diinginkan sesuai selera
  • Lebih mudah, praktis dan efisien
  • Masyarakat bisa langsung memberikan umpan balik terhadap informasi-informasi yang disampaikan.

Dampak negatif media konvergensi

  • Perubahan gaya hidup masyarakat yang menjadi kecanduan teknologi (cybermedia dan cybersociety).
  • Munculnya masyarakat digital/ masyarakat maya
  • Media cetak/media tradisional/media konvensional mulai kalah dengan media modern/media baru/ media online.
  • Kesenjangan sosial yang semakin besar.

No comments:

Post a Comment